Iklan Bos Aca Header Detail

Sepekan, Ratusan Ribu Menggunakan JTTS

Sepekan, Ratusan Ribu Menggunakan JTTS

radarlampung.co.id - Arus lalulintas Jalan Tol TransĀ  Sumatera (JTTS) sepanjang libur Natal dan Tahun baru 2020 terus mengalami peningkatan. Hingga H+ Natal, PT Hutama Karya (HK) mencatat volume lalulintas mencapai 651 ribu kendaraan.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan, Sebanyak 651.298 kendaraan telah melintasi Jalan Tol Trans Sumatra, baik pada ruas yang sudah beroperasi penuh maupun ruas fungsional. Angka ini diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat masa liburan yang masih cukup panjang hingga tanggal 1 Januari 2020 mendatang.

\"Jumlah ini kami menghitungnya selama sepekan para libur mudik Nataru yakni dari Tanggal 20-26 Desember 2019,\" ungkap Aries, Sabtu (28/12).

Jika sampai akhir libur Nataru, sambung Aries, jumlah tersebut akan semakin banyak, yakni bisa mencapai satu jutaan. \"Ini kan belum tanggal 1 Januari 2020. Saya yakin sampai akhir liburan bisa mencapai satu juta lebih,\" ujarnya.

Menurutnya, volume kendaraan pada tanggal 26 Desember 2019 cenderung mengalami penurunan, khususnya pada ruas jalan tol dari Lampung ke Palembang sepanjang 329 kilometer. Total, terdapat 13.613 kendaraan keluar dan masuk Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan. Sedangkan kendaraan keluar dan masuk GT Kayu Agung bejumlah 20.031 kendaraan.

\"Kebanyakan pemudik dari dan ke Pulau Jawa masih menikmati waktu liburan bersama keluarga. Sehingga belum terjadi kepadatan kendaraan yang signifikan. Ini dapat dilihat dari volume kendaraan yang masuk Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan yang menurun sekitar 19,7 persen dibanding hari sebelumnya. Sementara untuk yang keluar Pulau Sumatera menurun sebanyak 18,2 persen,\" bebernya.

Sementara, peningkatan volume kendaraan terjadi di Ruas Palembang-Indralaya. PT HK menyebut sebanyak 4.430 kendaraan memasukki GT Palembang. Jumlah tersebut meningkat 23 persen dari hari sebelumya. Hal ini juga terjadi pada Ruas Medan-Binjai, di mana volume kendaraan yang keluar GT Binjai meningkat sebesar lebih dari 16 persen atau sebanyak 9.042 kendaraan per hari.

\"Selain keempat ruas tol yang telah beroperasi, kami juya telah membuka secara fungsional Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer pada Senin (23/12). Warga cukup antusias dengan dibukanya ruas tol ini. Hingga H+1 libur Natal kemarin saja, sudah ada total 15.040 kendaraan yang keluar dan masuk GT Pekanbaru sejak pertama kali dibuka,\" katanya.

Aries memprediksi, puncak arus balik di Jalan Tol Trans Sumatra akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2020 nanti. Untuk menghindari kemacetan atau penumpukan kendaraan, Ia menyarankan para pengguna jalan tol yang dioperasikan oleh Hutama Karya untuk memanfaatkan aplikasi HK Toll Apps yang dapat diunduh di Google Play Store.

\"Melalui aplikasi ini, pengguna jalan tol bisa mengakses info terbaru mengenai kepadatan lalu lintas, tarif tol, posisi Rest Area , bahkan isi ulang uang elektronik,\" tandasnya (rma/rls/yud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: